ads
ads

Pengertian Marketing Online dan Strategi Marketingnya

 


Marketing online – Sistem informasi dan komunikasi telah mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dampaknya tidak hanya terasa oleh mereka yang memiliki pekerjaan khusus di bidang teknologi, tetapi juga mempengaruhi gaya hidup berbagai lapisan masyarakat.

Salah satu dampak dari kemajuan teknologi tersebut adalah munculnya marketing online. Jika Anda belum terlalu familiar dengan istilah ini, mungkin saja Anda telah menggunakan layanan marketing online tanpa menyadarinya. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan marketing online? Berikut ini adalah pembahasan menariknya untuk Anda!

 

Pengertian Marketing Online

Marketing online adalah strategi memanfaatkan platform daring untuk mengkomunikasikan pesan seputar citra bisnis, serta mempromosikan produk atau layanan kepada calon konsumen. Platform daring yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari:

  • Situs web
  • Teknik Search Engine Optimization (SEO)
  • Iklan Pay Per Click (PPC)
  • Pemasaran melalui surel (email marketing)
  • Hingga jejaring sosial.

Kelebihan Marketing Online

Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal marketing online dengan baik. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui:

Dapat Digunakan Oleh Siapa Saja

Marketing online dapat dimanfaatkan oleh semua jenis bisnis, dari perusahaan besar hingga usaha kecil. Alat-alat digital marketing yang diperlukan mudah didapatkan dan dengan hanya bermodal laptop dan koneksi internet, Anda bisa memanfaatkan marketing online untuk memasarkan bisnis Anda.

Lebih Murah dan Efektif

Metode pemasaran tradisional seperti billboard, iklan televisi, dan baliho cenderung mahal dan tidak terjangkau bagi pelaku bisnis UKM. Namun, dengan marketing online, Anda bisa menghemat biaya pemasaran dan hasilnya bisa lebih efektif. Bahkan, survei menunjukkan bahwa pelaku usaha kecil menengah yang memanfaatkan digital marketing bisa menghemat anggaran marketing hingga 40%.

Meningkatkan Pendapatan Secara Efektif

Selain menghemat biaya, juga dapat meningkatkan pendapatan bisnis secara efektif. Menurut laporan Google, bisnis yang memanfaatkan  berhasil meningkatkan pendapatan 2,8 kali lebih besar dibandingkan dengan bisnis yang hanya mengandalkan metode pemasaran tradisional.

Menargetkan Audiens yang Spesifik

Salah satu kelebihan utama dari marketing online adalah kemampuannya dalam menargetkan audiens yang spesifik. Dengan mengumpulkan data penting seperti lokasi, usia, minat, dan gender, online marketing dapat menentukan target pasar yang paling cocok untuk kampanye pemasaran Anda.

Cocok Untuk Masyarakat Pengguna Smartphone

Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar di dunia. Sebanyak 94% pengguna internet di Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, marketing online sangat cocok untuk menjangkau konsumen pengguna smartphone di Indonesia.

Strategi Marketing Online

Berikut adalah strategi marketing online yang dapat diterapkan:

Membuat Situs Web

Situs web merupakan pondasi utama untuk semua kampanye pemasaran online yang akan dijalankan. Fungsinya sama seperti toko fisik Anda di dunia nyata. Situs web menjadi tempat menampung semua trafik dari berbagai kanal pemasaran, mulai dari email hingga media sosial.

Meningkatkan Trafik dengan SEO

Google menjadi sumber informasi utama bagi konsumen untuk menemukan produk secara online. Oleh karena itu, bisnis Anda harus mudah ditemukan melalui hasil pencarian Google. Website dapat dioptimalkan menggunakan SEO agar lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google.

Menggunakan Search Engine Marketing (SEM)

Selain SEO, Anda perlu menggunakan SEM untuk kampanye marketing Anda. Website Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dalam waktu singkat.

Membuat Blog untuk Pemasaran

Konten Blog dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk bisnis Anda. Blog dapat menjadi salah satu strategi untuk bisnis karena dapat mendatangkan trafik dan meningkatkan penjualan.

 

Aktif di Komunitas Online

Komunitas online seperti grup Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon konsumen Anda. Di forum-forum tersebut Anda bisa menemukan tren terbaru di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan masukan untuk industri Anda.

Membuat Email Marketing

Email marketing adalah pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahunnya karena efektivitasnya untuk memperoleh konsumen yang lebih tinggi dibandingkan dengan Facebook dan Twitter.

Melakukan Guest Post

Guest post adalah ketika Anda menulis artikel yang diterbitkan di blog atau situs web orang lain dan meletakkan link menuju blog atau situs web Anda. Ini dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dan juga dapat meningkatkan otoritas domain Anda.

Menggunakan Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn dapat membantu Anda terhubung dengan pelanggan Anda dan meningkatkan kesadaran merek.

Membuat Video Pemasaran

Video pemasaran dapat membantu Anda menjangkau khalayak yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan merek Anda.

Membuat Infografis

Infografis dapat membantu menyajikan informasi dengan cara yang mudah dipahami dan menarik bagi pelanggan Anda

 

Menggunakan Influencer

Marketing Influencer marketing adalah ketika Anda bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada audiens mereka.

Menggunakan Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah ketika Anda membayar afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada audiens mereka dan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui afiliasi tersebut.

Menggunakan Google My Business

Google My Business adalah cara mudah dan gratis untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di hasil pencarian Google dan Google Maps.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis modern saat ini, marketing online atau digital marketing menjadi sangat penting untuk membantu memperluas jangkauan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan.

Ada banyak strategi yang bisa diterapkan, seperti membuat website, mengoptimasi SEO, menggunakan SEM, membuat blog untuk content marketing, aktif di komunitas online, membuat email marketing, melakukan guest post, menggunakan social media marketing, dan lain-lainnya.

Penting untuk memilih strategi yang paling cocok untuk bisnis Anda dan terus memonitor dan mengevaluasi hasilnya agar dapat meningkatkan efektivitas pemasaran Anda.

 

 

 

 

0 Komentar untuk "Pengertian Marketing Online dan Strategi Marketingnya"

Back To Top